PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH, STRATEGI PEMASARAN, DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN ISLAMI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH (PENELITIAN DI BMT KOTA PALEMBANG).

Noviani Kartika Sari, (2021) PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH, STRATEGI PEMASARAN, DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN ISLAMI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH (PENELITIAN DI BMT KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (478kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

BMT merupakan lembaga keuangan non bank syariah yang berfungsi menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Munculnya BMT sebagai lembaga keuangan mikro syariah dengan maksud untuk memfasilitasi masyarakat bawah yang tidak terjangkau oleh pelayanan bank syariah. Oleh sebab itu, BMT menjadi alternatif pemulihan kondisi perekonomian di Indonesia. Fenomena yang terjadi pada penelitian ini yaitu mayoritas penduduk di Indonesia merupakan umat muslim, namun pengetahuan masyarakat terhadap pembiayaan syariah masih rendah hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi tentang ekonomi islam, sehingga masyarakat masih menganggap bahwa sistem keuangan yang dijalankan oleh lembaga keuangan non bank syariah tidak jauh berbeda dengan yang dijalankan lembaga keuangan konvensional yaitu mengandung riba (bunga). Selain itu kurangnya strategi dalam memasarkan produk pembiayaan di BMT membuat masyarakat tidak mengenal akan produk-produk yang ada di BMT. Dukungan teknologi informasi juga merupakan faktor penting, tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan teknologi informasi merupakan suatu kebutuhan yang penting bagi individu maupun organisasi modern. Serta yang tidak kalah pentingnya terkait kualitas pelayanan yang diberikan tentunya menjadi pertimbangan nasabah untuk mengambil keputusan dalam menggunakan pembiayaan di BMT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Strategi Pemasaran, Dukungan Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan Islami terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah dalam Pembiayaan Murabahah. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 100 responden, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling incidental dengan menggunakan rumus hair. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan SEM AMOS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pengetahuan Nasabah tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah, hal ini dibuktikan dengan nilai CR sebesar -0,458 < 1,96 dan probabilitas 0,647 > 0,05 (2) Strategi Pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah, hal ini dibuktikan dengan nilai CR sebesar 0,269 < 1,96 dan probabilitas 0,788 > 0,05 (3) Dukungan Teknologi Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah, hal ini dibuktikan dengan nilai CR sebesar 2,095 > 1,96 dan probabilitas 0,036 < 0,05 (4) Kualitas Pelayanan Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah, hal ini dibuktikan dengan nilai CR sebesar 3,418 > 1,96 dan probabilitas 0,000 < 0,05. Kata kunci : Pengetahuan Nasabah, Strategi Pemasaran, Dukungan Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan Islami dan Pengambilan Keputusan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: fiqo
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:35
Last Modified: 14 Jan 2022 07:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19060

Actions (login required)

View Item View Item