Analisis Strategi marketing UD. Aulia Bersaudara Baturaja dalam Meningkatkan Penjualan Produk ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

Alfarizi Irfan, Muhammad (2021) Analisis Strategi marketing UD. Aulia Bersaudara Baturaja dalam Meningkatkan Penjualan Produk ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text
1_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (854kB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf

Download (818kB)
[img] Text
4_BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
7_LAMPIRAN.pdf

Download (626kB)

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menjalankan suatu usaha. Untuk memberitahu serta mengenalkan produk yang dijual, diperlukan strategi yang tepat agar mencapai tujuan perusahaan yaitu dapat mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran yang baik tentu harus memperhatikan produk, harga, tempat usaha dan promosi agar produk yang diberikan pada konsumen memiliki kualitas yang baik serta bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan UD. Aulia Bersaudara Baturaja. Untuk mengetahui analisis strategi pemasaran UD. Aulia Bersaudara Baturaja dalam meningkatkan penjualan produk. Untuk mengetahui analisis strategi pemasaran UD. Aulia Bersaudara Baturaja dalam meningkatkan penjualan produk ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Metodologi penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis data kualitatif atau data deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan dan triangulasi. Berdasarkan hasil peneilitian, kesimpulan yang dapat diambil yaitu strategi pemasaran yang diterapkan CV. Aulia Bersaudara dengan menggunakan bauran pemasaran 4P seperti produk, harga, tempat dan promosi. Strategi pemasaran yang diterapkan CV. Aulia Bersaudara dalam meningkatkan penjualan yaitu menjamin kualitas produk yang tak kalah dengan produk lain di luar kota, harga yang ditetapkan tidak jauh berbeda dengan produk yang berada di wilayah, tempat usaha yang mudah x dijangkau perusahaan-perusahaan besar, adanya sosialisasi serta edukasi disamping mempromosikan produk, memberikan pelayanan yang baik dan mengutamakan kepuasan konsumen. Ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, strategi pemasaran yang diterapkan CV. Aulia Bersaudara telah sesuai dengan karakteristik pemasaran Islami seperti ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyah), realistis (al-waqiyyah), dan humanistis (alinsaniyah) dengan cara mengimplementasikan sifat jujur, sopan santun, berinteraksi dengan baik dan menghormati keiinginan konsumen. Selain itu juga dalam mengelola usaha APAR tersebut telah mengikuti sifat-sifat Rasulullah SAW antara lain, amanah, shiddiq, fathanah, dan tabligh. Kata Kunci : Analisis, Strategi Marketing, Meningkatkan Penjualan, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: fiqo
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:44
Last Modified: 26 Jan 2022 03:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19224

Actions (login required)

View Item View Item