DAMPAK SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS WEB BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA PALEMBANG

Paradila, Eva (2022) DAMPAK SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS WEB BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran jarak jauh telah menjadi tantangan bagi dunia pendidikan karena adanya permasalahan global yang berupa penyakit menular yaitu virus corona disease yang terjadi pada tahun 2019. Sehingga Satuan Pendidikan melakukan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbasis web based learning di MTs Negeri 1 Kota Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, prestasi belajar siswa, dan juga dampak yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang dipakai yaitu data primer melalui hasil wawancara kepala sekolah, guru, dan siswa. Data sekunder melalui hasil dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan datanya dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan terakhir tahap kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh berbasis web based learning dapat berjalan secara efektif, efisien dan tersistematis dengan baik. Selanjutnya prestasi belajar siswa sebelum adanya pelaksanaan pembelajaran ini, prestasi belajar siswa sedikit menurun karena media yang digunakan dalam pembelajaran menonton dan materi yang dipelajari sulit dimengerti. Kemudian setelah adanya pelaksanaan pembelajaran ini, prestasi belajar siswa jauh lebih meningkat dari sebelumnya karena media yang digunakan lebih bervariatif sehingga materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan dimengerti. Dengan adanya pembelajaran ini memiliki dampak sangat besar yaitu adanya dampak positif yang dapat meningkatkan partisifasi keaktifan siswa dalam belajar secara mandiri dan dapat menambah wawasan yang lebih luas. Dampak negatifnya memiliki kesulitan dalam pengiriman tugas-tugas dari guru karena kuota ataupun jaringan yang tidak memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran jarak jauh, web based learning, prestasi belajar.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:02
Last Modified: 14 Mar 2022 05:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19703

Actions (login required)

View Item View Item