ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS II MI ISTIQOMAH SEKAYU

Zulaiha, Siti (2022) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS II MI ISTIQOMAH SEKAYU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP PADA.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran termatik di masa pandemi Covid-19 digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran selama daring. Dengan adanya fitur-fitur pada aplikasi WhatsApp sangat memudahkan guru untuk berkomunikasi dengan peserta didik dan melaksanakan pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 bisa berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (a) Penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 kelas II MI Istiqomah Sekayu (b) Kendala penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 kelas II MI Istiqomah Sekayu (c) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 kelas II MI istiqomah Sekayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan tipe Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Penggunaan aplikasi WhatsApp fitur group chat, foto dan video sangat praktis dan efektif sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di kelas II MI Istiqomah Sekayu, (b) Kendala penggunaan aplikasi WhatsApp fitur group chat, foto dan video pada pembelajaran di masa pandemi yaitu penyimpanan memori HP penuh, gangguan sinyal, kesulitan memahami materi bagi siswa, dan kurangnya interaksi guru dan siswa, (c) Solusi mengatasi kendala penggunaan fitur group chat, foto dan video aplikasi WhatsApp pada pembelajaran di masa pandemi yaitu penambahan waktu pengerjaan dan pengumpulan tugas, memberikan masukan kepada orang tua siswa pentingnya kerja sama antara orang tua dan siswa, sortir data dalam aplikasi WhatsApp fitur group chat, foto dan video, adanya pelaksanaan pembelajaran luring satu minggu dua kali. Kata kunci: Penggunaan Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran Tematik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:39
Last Modified: 03 Jun 2022 04:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20540

Actions (login required)

View Item View Item