Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Perspektif Gender Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Aziza, Imam Matul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Perspektif Gender Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text
Bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran Experintial Learning pada proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Experintial Learning dapat berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi keanekargaman hayati dan bagaimana tinjauan gender tentang pemahaman siswa melalui model pembelajaran Experiential Learning. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MA Al-Ittifaqiah, adapun sampel yang digunakan adalah kelas X MIA1 (Putri) dan kelas X MIA1 (Putra). Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dihitung dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25 for windows. Hasil peneltian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Experiential Learning terhadap minat belajar siswa kelas X IPA1 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi keanekaragaman hayati di MA Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir, namun pada kelas X MIA1 Putri lebih tinggi dibandingkan dengan kelas X MIA1 Putra,dibuktikan dengan nilai rata-rata yang dimiliki oleh kelas X MIA1 Putri yaitu dengan nilai 80,45 dan nilai rata-rata kelas X MIA1 Putra 71,57, berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan hal tersebut dapat terjadi karena minat belajar pada kelas X MIA1 Putri lebih besar dibanding dengan kelas X MIA1 Putra. Kata Kunci : Pengaruh, Experintial Learning,Perspektif Gender,Pemahaman Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengaruh, Experintial Learning,Perspektif Gender,Pemahaman Siswa
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
500 Sains dan Matematika > 580 Botani, Ilmu Tumbuhan
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: IMAM MATUL AZIZA
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:12
Last Modified: 19 Dec 2022 08:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24134

Actions (login required)

View Item View Item