تطوير الأسئلة في مادة النحو على أساس تصنيف بلوم ثنائي الأبعاد بوسيلة كاهوت في معهد التوحيد أوغان إلري

Yusnani, Yusnani and Wasilah, Wasilah and Rendi, Sabana (2023) تطوير الأسئلة في مادة النحو على أساس تصنيف بلوم ثنائي الأبعاد بوسيلة كاهوت في معهد التوحيد أوغان إلري. Diploma thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh belum adanya inovasi dan kreasi dalam pembuatan soal-soal dan media evaluasi pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren At-Tauhid Ogan Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan soal nahwu kelas IX dengan media kahoot, serta untuk mengetahui efektifitas penggunaan soal nahwu berbasis taksonomi Bloom dua dimensj dengan media kahoot. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah validasi ahli materi, validasi ahli media, normalitas, homogenitas, T-test, dan uji Ngain-Score. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 96% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 85,75% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil normalitas mendapatkan nilai signifikasi 0,195 > 0,05 maka data yang diuji berdistribusi normal. Hasil homogenitas mendapatkan nilai signifikasi 0,674 > 0,05 maka data yang diuji homogen. Hasil uji T-test mendapatkan nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05. Hasil uji Ngain memiliki nilai rata-rata 68,44% dinilai “cukup efektif” untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik di Pondok Pesantren At-tauhid Ogan ilir. Maka diputuskan Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat dikatakan bahwa adanya efektifitas pengembangan soal dalam materi nahwu berbasis taksonomi bloom dua dimensi di Pondok Pesantren At-tauhid Ogan Ilir. Kata Kunci : Materi Nahwu, Taksonomi Bloom, Kahoot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: YUSNANI 1910204013
Date Deposited: 17 Apr 2024 02:02
Last Modified: 17 Apr 2024 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25154

Actions (login required)

View Item View Item