PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Agesta, Alvina (2022) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi aritmatika sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Teluk Gelam yang berjumlah 29 siswa. Kegiatan pembelajaran berlangsung sesuai dengan karakteristik dan prinsip CTL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, yang terdiri dari soal-soal pemecahan masalah dan observasi untuk memperoleh data tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang sudah mampu untuk memunculkan semua indikator dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Teluk Gelam. Hal ini disebabkan oleh setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi aritmatika sosial kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat yang terlihat pada hasil nilai post test. Namun, masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran serta ada beberapa indikator yang minim dipahami siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pendekatan CTL, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Alvina Agesta -
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:45
Last Modified: 13 Mar 2023 01:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25800

Actions (login required)

View Item View Item