ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MAPEL MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V A DI SDN 6 BANYUASIN III DAN SDN 24 BANYUASIN III

Shah, Khaf (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MAPEL MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V A DI SDN 6 BANYUASIN III DAN SDN 24 BANYUASIN III. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER BP KHAF SHAH 1920201049.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BP Khaf Shah 1920201049.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 BP KHAF SHAH 1920201049.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BP KHAF SHAH 1920201049.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III BP KHAF SHAH 1920201049.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV BP KHAF SHAH 1920201049.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V BP KHAF SHAH 1920201049.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS BP Khaf Shah 1920201049.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAF SHAH 1920201049.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami siswa belajar matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada kelas V A di SDN 6 Banyuasin III dan SDN 24 Banyuasin III, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan operasi bilangan bulat pada kelas V A di SDN 6 Banyuasin III dan SDN 24 Banyuasin III (3) Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada kelas V A di SDN 6 Banyuasin III dan SDN 24 Banyuasin III. Jenis penelitian dalam hal ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan rancangan multisitus dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SDN 6 Banyuasin III dan SDN 24 Banyuasin III ditemukannya persamaan dan perbedaan pada siswa yang mengalami kesulitan pada Matematika khususnya materi operasi bilangan bulat. Persamaannya ialah siswa pada kedua sekolah tersebut mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran dikarenakan banyaknya siswa yang kurang mampu dalam membaca dan memiliki daya ingat yang rendah, dan perbedaan di SDN 6 Banyuasin III terdapat kendala pada gurunya yang kesulitan memilih metode pembelajaran dan media yang tepat sedangkan di SDN 24 Banyuasin III siswa mayoritas tidak serius dalam belajar dan lebih banyak bermain. Berdasarkan permasalahan tersebut maka upaya yang dilakukan oleh kedua sekolah tersebut melakukan pengayaan dan remedial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Matematika, Kesulitan Belajar, Siswa.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: KHAF SHAH 1920201049
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:14
Last Modified: 05 Jun 2023 04:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27838

Actions (login required)

View Item View Item