MANAJEMEN BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL PENDOPO KABUPATEN EMPAT LAWANG

MILENIA, ADE YERI (2023) MANAJEMEN BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL PENDOPO KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II Ade Yeri Milenia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ADE YERI.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Manajemen Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Pendopo Kabupaten Empat Lawang Manajemen merupakan bagian penting dalam aspek kehidupan. Manajemen bisnis Islam adalah serangkaian pengelolaan dalam aktivitas jual beli dalam berbagai bentuknya yang tidak dibatasi jumlah kepemilikan hartanya baik barang atau jasa, tetapi dibatasi cara memperoleh dan menggunakanya. Artinya, dalam mendapatkan harta dan menggunakanya tidak boleh dengan cara-cara yang diharamkan Allah. Lebih jelasnya, berbisnis itu harus sesuai dengan ketentuan Islam tidak boleh bebas dari ketentuan syariat dan harus dibedakan antara halal dan haram atau hak dan yang batil tidak boleh dicampur adukan, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 42. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana manajemen bisnis Islam dalam transaksi jual beli di pasar tradisional pendopo kabupaten Empat Lawang dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen bisnis Islam dalam persfektif Etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli yang dilakukan di Pasar Tradisonal Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Teknik pengumpulan data dilakukan seacara wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi langsung terjun ke lapangan. Objek penelitian dilakukan di Pasar Tradisional Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Sumber data yang diambil dari kepala pasar, pedagang, dan pembeli. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan etika bisnis islam dalam transksi jual beli menurut Rasulullah belum diterapkan sepenuhnya oleh pedagang pasar tradisional pendopo karena dari 6 indikator dari Etika Bisnis islam masih ada 3 indikator yang belum diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Etika Bisnis, Transaksi Jual Beli
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: Ade Yeri Milenia
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:01
Last Modified: 07 Aug 2023 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29456

Actions (login required)

View Item View Item