PENERAPAN STRATEGI MEMORI MATRIX UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 32 PAGARALAM

SARI, DEBI MAYANG (2023) PENERAPAN STRATEGI MEMORI MATRIX UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 32 PAGARALAM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi memori matrix untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang berbasis eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design, rancangan yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Subjek berjumlah 24 siswa, penentuan subjek penelitian ditentukan dengan mengambil sampel data dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial, dan metode analisis data menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam sebelum menggunakan strategi memori matrix yaitu tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 5 siswa (21%), kategori sedang berjumlah 14 siswa (58%), dan kategori rendah berjumlah 5 siswa (21%). Pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam setelah menggunakan strategi memori matrix yaitu tergolong dalam kategori tinggi berjumlah 8 siswa (33%), dan yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 12 siswa (50%), serta yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 4 siswa (17%). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus uji “t” diperoleh thitung= 24,48 dan ttabel= 2,068 dengan taraf α0,05, dan kriteria pengujian H0 ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel. Pada penelitian ini diperoleh thitung > ttabel (24,48 > 2,068), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI di SD Negeri 32 Pagaralam dalam penerapan strategi memori matrix.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Memori Matrix Pemahaman
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: DEBI MAYANG SARI 1830202193
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:58
Last Modified: 15 Nov 2023 02:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32563

Actions (login required)

View Item View Item