KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PADA CERPEN NAFIZAH FI AD-DAUR AL-KHAMIS WA AS-SALASIN KARYA NAJIB MAHFUZ (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Damayanti, Adinda (2023) KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PADA CERPEN NAFIZAH FI AD-DAUR AL-KHAMIS WA AS-SALASIN KARYA NAJIB MAHFUZ (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kepribadian Tokoh Utama Pada Cerpen Na>fiz\ah fi> ad-Daur al-Kha>mis wa as\-S|ala>s\i>n Karya Najib Mahfuz”. Cerpen ini mengisahkan tentang seorang hakim yang tinggal di apartemen lantai 35. Hakim yang dikenal bijaksana namun mengejutkan telah memilih jalan kematian yang tragis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama, dan kesesuaian struktur kepribadian tokoh utama yang ditetapkan oleh pengarang dalam cerpen tersebut menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana struktur kepribadian tokoh.utama dalam cerpen Na>fiz\ah fi> ad-Daur al-Kha>mis wa as\-S|ala>s\i>n karya Najib Mahfuz? (2) Bagaimana kesesuaian struktur kepribadian yang ditetapkan oleh pengarang pada tokoh utama terhadap fungsi dari masing-masing struktur kepribadian tersebut? Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kepribadian tokoh utama dipengaruhi oleh id, ego dan superego. Dorongan kuat id menjadikan tokoh utama tidak bertanggung jawab, bermimpi buruk, emosional, dan nekat. Ego tokoh utama cenderung lemah membuatnya menjadi pribadi yang sombong dan bimbang. Adapun superego berupa rasa bersalah dan empati pada orang lain. (2) Faktor-faktor penyebab depresi tokoh utama terdiri dari perasaan bersalah dan kehilangan seorang yang dicintai, kecemasan dan trauma. Kecemasan muncul akibat halusinasi yang terus berdatangan, hingga tidak bisa membedakan antara halusinasi dan realita. Adapun trauma membuat tokoh utama takut untuk menikah dan memilih melajang seumur hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Depresi, Psikoanalisis, Najib Mahfuz
Subjects: Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 79203 - Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: ADINDA DAMAYANTI 1930401044
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:58
Last Modified: 17 Nov 2023 08:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32638

Actions (login required)

View Item View Item