Analisis Perbandingan Penggunaan Global Reporting Initiative Index dan Islamic Social Reporting Index Dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2017-2021

Ramadhan, Muhammad Wahyu (2023) Analisis Perbandingan Penggunaan Global Reporting Initiative Index dan Islamic Social Reporting Index Dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2017-2021. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Teori yang digunakan penulis pada penelitian ini yaitu teori legitimasi, teori legitimasi menunjukan bahwa suatu perusahaan tidak berdiri sendiri, melainkan dibatasi oleh pihak eksternal perusahaan yaitu masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengungkapan Corporate Social Responsibility Bank Umum Syariah di Indonesia lebih baik menggunakan Global Reporting Initiative Index (GRII) dibandingkan menggunakan Islamic Social Reporting Index (ISRI). Objek pada penelitian ini merupakan 10 Bank Umum Syariah (BUS) yang menerbitkan laporan tahunan dari 2017-2021 pada website masing-masing bank. Penelitian ini bersifat kuantitatif deksriptif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan Bank Umum Syariah (BUS) dari tahun 2017-2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu content analysis dengan menggunakan scoring terhadap item-item pada GRII dan ISRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR pada 10 Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia belum melakukan pengungkapan CSR secara keseluruhan baik menggunakan GRII maupun ISRI. Hasil analisis pengungkapan CSR menggunakan GRII mendapatkan skor rata-rata sebesar 64,8% sedangkan hasil analisis pengungkapan CSR menggunakan ISRI mendapatkan skor rata-rata sebesar 58,2%. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR lebih baik menggunakan GRII dibandingkan ISRI. Bank Umum Syariah (BUS) yang mendapatkan skor tertinggi menggunakan GRII yaitu Bank Aceh Syariah (BAS) dengan skor rata-rata sebesar 70%. Sedangkan yang mendapatkan skor tertinggi menggunkan ISRI yaitu Bank Mega Syariah (BMS) dan Bank Muamalat Indonesia (BMI) dengan skor rata-rata sebesar 64%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Pengungkapan CSR, Global Reporting Initiative Index (GRII), Islamic Social Reporting Index (ISRI).
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: M. WAHYU RAMADHAN 1910603009
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:04
Last Modified: 11 Dec 2023 03:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33334

Actions (login required)

View Item View Item