PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERINTEGRASI NILAI RELIGI MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP/MTS

LESTARI, TRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERINTEGRASI NILAI RELIGI MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP/MTS. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER TRI LESTARI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS TRI LESTARI.pdf

Download (5kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA TRI LESTARI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I TRI LESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II TRI LESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III TRI LESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV TRI LESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V TRI LESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TRI LESTARI.pdf

Download (139kB)

Abstract

Salah satu tujuan Pendidikan IPA (Sains) di Indonesia adalah mampu membentuk peserta didik yang memiliki keyakinan, keteraturan alam, ciptaan dan keagungan Allah SWT, dalam mewujudkannya dibutuhkan suatu media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran ular tangga terintegrasi nilai religi materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP/MTs yang valid dan praktis. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, namun pada penelitian ini hanya sampai tahap Development. Dilakukan pengujian produk untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan menggunakan uji coba satu satu (one to one) dan uji coba skala kecil (small group trial). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang mengacu pada 3 indikator. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan dokumentasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada 5 orang validator yaitu ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli agama, dan ahli nilai religi. Angket praktikalitas diberikan kepada 1 orang guru IPA, 3 orang peserta didik uji coba satu-satu, 12 orang peserta didik uji coba skala kecil. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran ular tangga terintegrasi nilai religi yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam kegiatan belajar materi sistem pencernaan manusia dengan kategori penilaian sangat valid dan sangat praktis berdasarkan ahli media 96%, ahli materi 95%, ahli bahasa 97%, ahli agama 97% dan ahli nilai religi 96% serta uji coba praktikalitas memperoleh nilai pendidik 96%, uji coba one-to-one 94% serta uji coba small group trial 93%. Kata kunci: ADDIE, Ular Tangga, Nilai Religi, Sistem Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Ular Tangga, Nilai Religi, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: TRI LESTARI 2020207066
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:55
Last Modified: 05 Feb 2024 04:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34907

Actions (login required)

View Item View Item