Implementasi Sembilan Elemen Jurnalisme Dari Bill Kovach Dan Tom Rosenstiel Dalam Drama Korea Argon Episode 6 dan 7 (Analisis Pendekatan Semiotika John Fiske)

Safitri, Aisyah (2023) Implementasi Sembilan Elemen Jurnalisme Dari Bill Kovach Dan Tom Rosenstiel Dalam Drama Korea Argon Episode 6 dan 7 (Analisis Pendekatan Semiotika John Fiske). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (797kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi sembilan elemen jurnalisme dari Bill Kovach dan Tom Rosenstiel dalam drama Korea Argon episode 6 dan 7 (analisis pendekatan semiotika John Fiske)”. Drama Korea bertajuk “Argon” ini merupakan drama Korea yang mengisahkan tentang seorang jurnalis dan reporter bernama Kim Baek Jin, pemimpin progam investigasi yang bernama Argon. Ia merupakan seseorang yang sangat tunduk dan menjunjung tinggi nilai kebenaran. Ia hanya ingin dirinya dan tim Argon melaporkan kebenaran, apapun resikonya. Adapun fokus penelitiannya adalah bagaimana tim Argon di episode 6 dan 7 dalam menyelesaikan kasus perusahaan Sumyoung Food. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana implementasi sembilan elemen jurnalisme yang terdapat di dalam episode 6 dan 7 dengan analisis semiotika John Fiske dan bagaimana profesionalisme para jurnalis di dalam drama Korea Argon episode 6 dan 7 melalui level realita, level representasi dan level ideologi. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, yaitu mengumpulkan scene-scene dalam Drama Korea Argon episode 6 dan 7 yang memberikan gambaran terkait implementasi sembilan elemen jurnalisme dan studi pustaka, yaitu didapatkan dengan memperoleh data melalui jurnal, skripsi, buku, artikel dan lain sebagainya yang dapat mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu drama Korea Argon episode 6 dan 7 menunjukkan adanya implementasi dari sembilan elemen jurnalisme dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske dengan tiga level pengkodean.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika John Fiske, Drama Korea Argon Episode 6 dan 7, Sembilan Elemen Jurnalisme
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Terbitan Berseri, Berkala, Publikasi Umum
800 Sastra > Kesusteraan Bahasa Indonesia > Drama
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: AISYAH SAFITRI 1910503007
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:33
Last Modified: 25 Mar 2024 01:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36325

Actions (login required)

View Item View Item