PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT, RISIKO, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ, SHADAQAH, DAN WAKAF (ZISWAF) MELALUI E-COMMERCE PADA MASYARAKAT DI KOTA PALEMBANG

Denia Maharani, Denia (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT, RISIKO, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ, SHADAQAH, DAN WAKAF (ZISWAF) MELALUI E-COMMERCE PADA MASYARAKAT DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I (4).pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB II (3) (1).pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB III (1) (1).pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB III (1) (1).pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (238kB)

Abstract

Platform e-commerce pada pembayaran ziswaf telah mampu meningkatkan jumlah pembayaran ziswaf muzakki. Meskipun pengumpulan zakat melalui digital terus mengalami peningkatan, namun pengumpulan zakat secara daring ini belum dapat dikatakan optimal, jika pengumpulan zakat, infaq, shadaqah dan wakaf secara online ini terus ditingkatkan maka akan berdampak positif terhadap organisasi pengelola zakat. Dengan adanya pembaharuan ini masyarakat dapat membayar zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf jauh lebih praktis dan tidak perlu mengunjungi lembaga secara langsung, hal ini akan sangat mempermudah dalam proses penghimpunan dana ziswaf dan mengikuti perkembangan zaman, pembayaran ziswaf melalui e-commerce dapat meningkatkan keinginan untuk membayar ziswaf melalui e-commerce dan dapat memberi manfaat yang lebih kepada masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, manfaat, risiko, dan kepercayaan terhadap niat membayar zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf (ziswaf) melalui e-commerce pada masyarakat di Kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di Kota Palembang dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Persepsi Kemudahan (X1), Persepsi Risiko (X3),dan Persepsi Kepercayaan (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membayar ziswaf melalui e-commerce pada masyarakat di Kota Palembang. Sedangkan variabel Persepsi Manfaat (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap niat membayar ziswaf melalui e-commerce pada masyarakat di Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Manfaat, Risiko, Kepercayaan, Niat Membayar Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf (Ziswaf) Melalui E-commerce
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Denia Maharani -
Date Deposited: 13 May 2024 01:36
Last Modified: 13 May 2024 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37437

Actions (login required)

View Item View Item