Akbar, Rahmatullah (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
a. Cover dll Repository.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
b. Abstrak.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
b. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text
c. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
||
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
||
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
f. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
|
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gejala dan fenomena yang terjadi terkait masalah penelitian. Penelitian kali ini membahas tentang peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan tersebut, dan dampak dari penanaman nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif fenomenologi. Penentuan informan dilakukan dengan berbagai macam pertimbangan seperti individu yang dapat menyajikan informasi berkaitan dengan penelitian kali ini. Pengumpulan data dalam penelitian kali ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis observasi yang digunakan ialah observasi partisipasi pasif. Wawancara yang digunakan berjenis structured interview dan unstructured interview. Dokumentasi dilakukan dalam mengambil berbagai dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama ialah sebagai pembimbing, uswah atau model, penasihat, pengajar serta pendidik, fasilitator, dan motivator. Faktor pendukung guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama ialah; pertama siswa yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual; kedua pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman yang dimiliki oleh guru PAI; ketiga interaksi dan metode; keempat karakteristik kelompok siswa yang mempunyai jiwa kepemimpinan, keakraban, solidaritas, dan kekompakan; kelima fasilitas; keenam mata pelajaran; ketujuh lingkungan sekitar. Faktor penghambat guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama ialah; pertama karakteristik siswa yang kurang peduli dengan arahan guru, dan siswa yang kurang memiliki self-control; kedua keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru PAI; ketiga karakteristik kelompok siswa yang kurang terbuka dengan lingkungan sekitar; keempat keterbatasan jam pelajaran PAI; kelima lingkungan luar sekolah, globalisasi, dan kemajuan teknologi. Dampak dari penanaman nilai-nilai moderasi beragama membuat siswa memiliki pribadi yang proporsional, semangat serta khusyu’ dalam ibadah, interaksi antar sesama dengan kasih mengasihi serta menjaga kerukunan, menajaga ketertiban sosial, dan sikap berkewarganegaraan atau cinta tanah air.
Actions (login required)
View Item |