PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS 8 DI SMP N 4 TANJUNG LUBUK KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI)

SAFIRA ROSA, CINDONA (2018) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS 8 DI SMP N 4 TANJUNG LUBUK KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL PDF.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PDF.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PDF.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PDF.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV PDF.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PDF.pdf

Download (939kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Penerapan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas 8 Di SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan pre test-post test Control Group Design. Jenis data dalam menggunakan data kuantitayif dan data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian kali ini berjumlah seluruh kelas 8 namun sampel nya dengan beberapa pertimbangan maka yang diambil hanya satu kelas yakni kelas VIII I yakni 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner. Teknik analisis data kali yang digunakan adalah Uji t untuk mengetahui adanya peningkatan antara keaktifan siswa kelas 8 sebelum dan sesudah diterapkannya metode Brainstorming. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, keaktifan kelas eksperimen sesudah menggunakan metode Brainstorming tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 12 Orang dengan persentase 44,44%, kemudian sedang sebanyak 8 Orang dengan persentase 29,63%, lalu sedangkan yang rendah sebanyak 7 orang dengan persentase 25,93%. Dan yang kedua adalah sebelum menggunakan metode Brainstorming tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 9 Orang dengan persentase 33,33%. kemudian sedang sebanyak 7 Orang dengan persentase 25,93%. lalu sedangkan yang rendah sebanyak 11 Orang dengan persentase 40,74%. Dan ketiga penerapan metode Brainstorming dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan Uji t lebih besar dari t tabel, baik pada taraf signifikan 5 % maupuj 1 % dengan rincian 2,06< 3,37 > 2,78 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat peningkatan terhadap keaktifan siswa di kelas 8 SMP 4 Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:08
Last Modified: 06 Jul 2021 09:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9036

Actions (login required)

View Item View Item