FITRI PUJI, LESTARI (2017) PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SANTRI DI PONPES SABILUL HASANAH MAINAN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAGIAN DEPAN MOTO DAN PERSEMBAHAN FITRI PL.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode sorogan terhadap komunikasi interpersonal santri di Ponpes Sabilul Hasanah Mainan Banyuasin. Penelitian ini dilatarbelakangi karena suatu keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan oleh fakor guru (ustadz). Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran dengan metode yang dianggap tepat kepada santrinya. Sedangkan keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada penggunaan metode yang tepat demi kelancaran interaksi komunikasi interpersonal antara guru dengan santrinya, sehingga untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar tersebut, baik santri yang sukses dalam tugas belajarnya maupun guru yang berhasil mengajar dan mendidik sesuai tujuan yang hendak dicapai diperlukan komunikasi yang jelas antara guru (komunikator) dengan santri (komunikan) melalui metode pembelajaran seperti metode sorogan (metode pembelajaran individual). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode sorogan di Ponpes Sabilul Hasanah Mainan Banyuasin serta adakah pengaruh metode sorogan terhadap komunikasi interpersonal santri di Ponpes Sabilul Hasanah Mainan Banyuasin. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode sorogan di Ponpes Sabilul Hasanah, serta untuk mengetahui adakah pengaruh metode sorogan terhadap komunikasi interpersonal santri di Ponpes Sabilul Hasanah Mainan Banyuasin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research), dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mendapatkan informasi tentang metode sorogan dan komunikasi santri dengan cara memberikan 30 pertanyaan kepada 37 orang responden. Metode observasi digunakan untuk mengetahui keadaan objek secara langsung. Metode dokumentasi digunakan memperoleh hal-hal yang berhubungan dengan masalah penelitian di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat di Ponpes Sabilul Hasanah Mainan Banyuasin. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik tes “T” . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sorogan di Ponpes Sabilul Hasanah Mainan Banyuasin dilakukan dengan dua sistematika pelaksanaan. Pertama, dimulai dari ustadz, santri menyimak, memberi harokat dan arti (ngesahi). Kedua, di awali dari santri yang menyorogkan kitab dan menjelaskan maksud bacaan sedangkan ustadz menyimak, membenarkan jika terjadi kesalahan serta mengajukan pertanyaan. Kemudian hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan adanya pengaruh penerapan metode sorogan terhadap komunikasi interpersonal santri, karena berdasarkan perbandingan nilai uji “t” diperoleh nilai ttabel= 9,62 adalah lebih besar daripada “t”tabel baik pada taraf signifikansi 1%=2,71 maupun pada taraf signifikansi 5%=2,02. Dengan demikian dapat di pahami bahwa penggunaan metode sorogan pada pembelajaran kitab kuning di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Mainan Banyuasin mempengaruhi komunikasi santri, dan Ha diterima dan H0 ditolak. (2,02< 9,62 > 2,71).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 02:24 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 02:24 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9382 |
Actions (login required)
View Item |