PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NURUL HIDAYAH PALEMBANG

RINDI ALFIKA, MF (2017) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NURUL HIDAYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana kecerdasan interpersonal siswa di TK Nurul Hidayah Palembang? Bagaimana perkembangan sosial emosional siswa di TK Nurul Hidayah Palembang? Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap perkembangan sosial emosional siswa Palembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa di TK Nurul Hidayah Palembang, untuk mengetahui perkembangan sosial emosional siswa di TK Nurul Hidayah Palembang, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap perkembangan sosial emosional siswa Palembang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jenis data kuantitatif yaitu data berkenaan dengan kecerdasan interpersonal dan perkembangan sosial emosional. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru dan siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Nurul Hidayah Palembang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas B.1 dan B.2 yang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan persentase, serta Product Moment. Hasil penelitian ini adalah v: pertama, kecerdasan interpersonal di TK Nurul Hidayah Palembang dikategorikan tinggi atau sangat baik karena dari 34 responden terdapat 13 responden yang menyatakan tinggi sebesar (38,23%). Kedua, perkembangan sosial emosional siswa di TK Nurul Hidayah Palembang dikategorikan sedang atau cukup baik karena dari 34 responden terdapat 24 responden yang menyatakan sedang atau sebesar (70,58%). Ketiga, Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap perkembangan sosial emosional siswa di TK Nurul Hidayah Palembang. Berdasarkan hasil analisa statistik bahwa “r” tabel (Product Moment) 0,515 lebih besar dari pada “r” hitung baik pada taraf signifikasi 5% (0,349) maupun pada taraf signifikasi 1 % (0,449).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Aug 2021 01:30
Last Modified: 03 Aug 2021 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9459

Actions (login required)

View Item View Item