ANGGRAINI, RINI (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II media fotografi.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (891kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan MediaGambar FotografiTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang.Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Madrasah Ibtidaiyah ini jarang menggunakan media dalam proses belajar mengajar dan media gambar fotografi ini tidak pernah digunakandalam kegiatan pembelajaran. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan media gambar fotografi untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan media gambar fotografi ini, bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan media serta untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan media gambar fotografi pada mata pelajaran IPA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan media gambar fotografi pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang?Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan media gambar fotografi pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang?Dan Adakah pengaruh penerapan media gambar fotografi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang? Penelitianini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang yaitu kelas VB yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, tes (pretest dan posttest), wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama penerapan media gambar fotografi efektif digunakan dalam proses pembelajaran yaitu dapat dilihat dengan data observasi siswa bahwa persentase rata-rata siswa dikategorikan baik 46% siswamelakukan 4 indikator kegiatan dari 5 indikator yang telah ditentukan. Dengan demikian media gambar fotografi dapat digunakan dalam proses pembelajaran khusunya materi struktur bumi.Kedua Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media gambar fotografi dan sesudah menggunakana media gambar fotografi pada mata pelajran IPA materi struktur bumi mengalami perubahan atau perbedaan yang meyakinkan (signifikan).Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai belajar siswa pada saat pretest dan posttest.Ketiga terdapat pengaruh penerapan media gambar fotografi terhadap hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” yaitu: perhitungan (to =12,09) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt.ts5% = 2,05 dan tt.ts1% = 2,77) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,05<12,09>2,77. Dan berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwapenerapan media gambar fotografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Palembang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 06:46 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 06:46 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11122 |
Actions (login required)
View Item |