PROSES EDITING PEMBERITAAN DALAM ACARA BERITA SECARA LANGSUNG (LIVE) DENGAN MENGGUNAKAN MOBIL SNG (SATELLITE NEWS GATHERING) DI METRO TV BIRO PALEMBANG

BAGUS IMAM HUTOMO, DYAN (2021) PROSES EDITING PEMBERITAAN DALAM ACARA BERITA SECARA LANGSUNG (LIVE) DENGAN MENGGUNAKAN MOBIL SNG (SATELLITE NEWS GATHERING) DI METRO TV BIRO PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
DYAN BAGUS IMAM HUTOMO.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DYAN BAGUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DYAN BAGUS PENUTUP LAMPIRAN.pdf

Download (882kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ‘’ Proses Editing Pemberitaan Dalam Acara Berita Secara Langsung (Live) Dengan Menggunakan Mobil Sng (Satellite News Gathering) Di Metro Tv Biro Palembang” penelitian ini bertujuan mengetahui proses editing siaran langsung saat menggunakan mobil SNG, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriktif. Data primer didapatkan melalui wawancara secara mendalam kepada Crew Editor Biro Metro Tv Palembang dan observasi di lapangan, data skunder didapatkan melalui dokumentasi, penelitian ini merujuk pada teori gatekeeper dan menggunakan Konsep operasional. Biro Metro Tv Palembang adalah satu�satunya Tv swasta di Palembang yang mempunyai mobil SNG yang di oprasikan untuk melakukan siaran langsung. tayangan siaran langsung yang di support Pada mobil SNG sebelum di sajikan kepada khalayak harus melalui proses editing terlebih dahulu, temuan yang di dapatkan saat penelitian yang dilakukan oleh penulis bahwa proses editing berita dan setiap kegiatan yang dilakukan harus sesuai dengan tahapan dan metode-metode yang telah ditentukan, di Biro Metro Tv Palembang menggunakan metode cut to cut serta langsung merender video setelah menjadi satu, dan dengan template bar untuk membantu menjelaskan kepenonton tentang kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung, serta proses editing ini juga dukung menggunakan software dan hardware sehingga siaran langsung tersebut berjalan dengan normal. Faktor pendukung editing berita secara langsung menggunakan mobil SNG bahwa tidak perlu mengirimkan file dengan kapasitas yang besar, karena mobil SNG telah menggunakan satelit dengan cara meminta frekuensi pusat Metro Untuk mengirimkan gambar dari SNG ke pusat. Serta manfaat lain dari penggunaan satelite dari berbagai sektor, misalnya keberadaan satelite komunikasi yang telah menyebabkan adanya kemungkinan-kemungkinan luar biasa bagi proses penyebaran serta pengayaan dalam pembelajaran didunia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2021 07:20
Last Modified: 21 Sep 2021 07:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11727

Actions (login required)

View Item View Item