PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII LULUSAN MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN SISWA LULUSAN SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG

Alhajiz, Alhajiz (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII LULUSAN MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN SISWA LULUSAN SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan Siswa Lulusan Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Iman Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII Lulusan Madrasah Ibtidaiyah pada mata pelajaran PAI, kemudian mengetahui hasil belajar siswa kelas VII lulusan Sekolah Dasar pada mata pelajaran PAI, serta mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan Siswa Lulusan Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Iman Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Nurul Iman Palembang yang berjumlah 40 orang siswa. Sampel yang di ambil dalam penelitian ini yaitu pada siswa kelas VII. A dan VII. B yang berjumlah masing�masing 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes soal, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji test “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Hasil belajar siswa kelas VII Lulusan Madrasah Ibtidaiyah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Iman Palembang adalah dalam kategori sedang yaitu dengan hasil 78,57% atau berjumlah 11 orang siswa dan yang termasuk dalam kategori tinggi berjumlah 2 orang siswa atau 14,29% sedangkan yang tergolong kategori rendah adalah 7,14% atau berjumlah 1 orang siwa dari 14 orang siswa yang menjadi sampel penelitian. Hal ini sama dengan hasil belajar siswa kelas VII lulusan Sekolah Dasar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Iman Palembang yang termasuk dalam kategori sedang yaitu dengan hasil 71,42% atau berjumlah 10 orang dari 14 orang siswa yang menjadi sampel penelitian. Kemudian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan perbandingan hasil belajar siswa kelas VII Siswa Lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan Siswa lulusan Sekolah Dasar di SMP Nurul Iman Palembang menunjukan harga to yaitu 1,75 dan dikonsultasikan dengan tabel “t” ternyata harga to lebih kecil pada taraf 5% maupun 1% atau 2,056 >1,75<2,779 maka Ha (hipotesis alternatif) di tolak dan Ho (hipotesis nihil) diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:25
Last Modified: 27 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item