PENGARUH MODEL TREFFINGERTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI HIJRIYAH II PALEMBANG

SARI, MONIKA (2018) PENGARUH MODEL TREFFINGERTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul hubungan metode pembelajaran cart sort dengan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MIN 2 Kota Palembang. Melalui metode pembelajaran Card Sort, Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan metode pembelajaran card sort dengan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MIN 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain true eksperimen dan menggunakan Posstest-only Control Desain. Populasi nya adalah semua siswa kelas IV MIN 2 Kota Palembang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A dan IV B. Sampel penelitian ini dilakukan dikelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan rumus TSR dan Korelasi “r”Product Moment. Hasil belajar siswa di MIN 2 Kota Palembang kelas kontrol tergolong kurang baik, bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata atau mean yakni 62,3. Sedangkan sesudah menerapkan metode pembelajaran card sort tergolong tinggi. Hal ini bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata atau mean yakni 82,8. Terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran card sort dengan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 2 Kota Palembang. Hal ini dilihat dengan membandingkan besarnya “r”yang kita peroleh dalam perhitungan ( ro = 2,54) dan besarnya “r” yang tercantum pada nilai r (rt. 5% = 0,333 dan rt 1% = 0,429) maka dapat diketahui bahwa roadalah lebih besar dari rtyaitu 0333< 254>0,429. Karena ro lebih besar dari rt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini bearti menunjukkan Terdapat Hubungan Metode Pembelajaran Card Sort dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MIN 2 Kota Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:50
Last Modified: 27 Sep 2021 04:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item