PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NAHDLATUL „ULAMA (NU) PALEMBANG

SAPUTRA, CAHYA (2019) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NAHDLATUL „ULAMA (NU) PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa keberhasilan suatu pembelajaran tergantung kepada guru dan juga peserta didik. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas pembelajaran yang dilaksanakannya. Guru sebagai subyek pendidikan sangat menentukan keberhasilan pendidikan itu sendiri, proses belajar akan berlangsung dengan baik apabila didukung oleh guru yang memiliki kinerja yang baik, yang mampu mengetahui setiap apa yang dibutuhkan oleh peserta didik di dalam proses pembelajaran. Selain itu, mengingat pentingnya pendidikan agama Islam, maka di dalam proses pembelajaran peserta didik memerlukan motivasi yang kuat. Motivasi belajar berperan penting dalam memberi gairah, semangat, dan rasa senang dalam belajar. Motivasi memang muncul dari dalam diri peserta didik, tetapi kemunculannya karena terangsang/terdorong oleh adanya unsur lain, dalam hal ini adalah tujuan, dan tujuan ini akan menyangkut soal kebutuhan. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama, Bagaimana kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahdlatul ‘Ulama (NU) Palembang?, yang kedua, Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahdlatul ‘Ulama (NU) Palembang?, yang ketiga, Bagaimana pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahdlatul ‘Ulama (NU) Palembang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan sesuai dengan permasalahan yang diangkat dan tujuan penelitian ini, maka penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat Ex-Post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI.MIA.1, XI.MIA.2, XI.IIS.1, XI.IIS.2, dan XI.IIS.3 dengan jumlah 144 siswa, dari populasi tersebut diambil 25% yaitu 36 siswa sebagai sampel. Peneliti didalam menentukan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk mengetahui indeks pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa menggunakan rumus analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang peneliti lakukan yang pertama adalah kinerja guru Pendidikan Agama Islam, yang termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 25%, kategori sedang dengan persentase sebesar 58,2%, dan kategori rendah dengan persentase sebesar 16,7%. Yang kedua, motivasi belajar siswa yang termasuk kategori tinggi sebanyak 9 orang dengan persentase sebesar 25%, kategori sedang sebanyak 18 orang dengan persentase sebesar 50%, dan kategori rendah sebanyak 9 orang dengan persentase sebesar 25%. Yang ketiga adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa yaitu dilihat dari Fhitung > Ftabel (221,52 > 4,13) sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:53
Last Modified: 27 Sep 2021 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12116

Actions (login required)

View Item View Item