UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL HURUF ABJAD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS B1RA NASYRIL ISLAM PALEMBANG

Wulan, Yuni (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL HURUF ABJAD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS B1RA NASYRIL ISLAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I yuni wulan.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II yuni.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV YUNI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V yuni.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan masalah yang terjadi di kelas yaitu rendahnya kemampuan anak dalam menghafal huruf abjad yang disebabkan oleh penggunaan metode oleh guru dalam pembelajaran sehingga berdampak pada aktifitas anak di kelas yang cenderung tidak merespon kegiatan pembelajaran dengan baik dan berdampak pada daya serapanak terhadap pelajaran. Berdasarkan permasalahan: apakah penggunaan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal huruf abjad pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas B1 Raudhtaul Athfal Nasyril Islam Palembang. Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal huruf abjad mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas B1 Raudhtaul Athfal Nasyril Islam Palembang. Data-data yang diperlukan diperoleh antara lain melalui observasi aktivitas siswa dan guru serta tes dan menggunakan analisis aktifitas guru dan siswa kemudian di gambarkan sesuai dengan data yang di peroleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil dari belajar yang di capai siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan hasil bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal huruf abjad pada anak kelompk B1 di RA Nasyril Islam Palembang. Hal ini dapat di lihat dari : Peningkatan Nilai Kemunculan dalam Belajar. Pada prasiklus yang belum muncul (BM) dapat diketahui 13 anak dari 20 anak, Mulai Muncul (MM) ada 5 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 2 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) tidak ada, pada Siklus 1 yang belum muncul (BM) dapat diketahui 6 anak dari 20 anak, Mulai Muncul (MM) ada 6 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 8 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) tidak ada, pada Siklus 2 yang belum muncul (BM) dapat diketahui4 anak dari 20 anak, Mulai Muncul (MM) ada 13 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 3 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) tidak ada dan pada Siklus 3 yang belum muncul (BM) dapat diketahui tidak ada, Mulai Muncul (MM) tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 9 anak dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 11 anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:17
Last Modified: 28 Sep 2021 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13232

Actions (login required)

View Item View Item