OKTARIA, DIEN (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 38 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.
Text
ABSTRACT.docx Download (16kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB V.docx Download (16kB) |
|
Text
cover.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (14kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (21kB) |
|
Text
Motto skripsi.docx Download (14kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (16kB) |
Abstract
Umumnya siswa beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Salah satu faktor yang menunjang anggapan siswa tersebut adalah cara penyampaian materi pelajaran yang tidak bervariasi sehingga hasil belajar yang dicapai siswa sangat rendah. Sehingga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model quantum learning di SMP Negeri 38 Palembang dan apakah penerapan tersebut berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model quantum learning dalam pembelajaran matematika di kelas VIII di SMP Negeri 38 Palembang dan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model tersebut. Penelitian ini merupakan pre eksperimental design dengan kategori Pre-test and Post-test group. Populasi terdiri dari 261 siswa dan sampel adalah 36 siswa dari siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Palembang tahun ajaran 2013/2014 yaitu, kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Quantum learning. Dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data tes berupa mencari rata-rata hasil tes siswa baik Pre-test maupun Post-test. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas bahwa kelompok tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Hasil analisis data tes yang diperoleh yaitu ada perbedaan, rata-rata Post-test 79,63 sedangkan pada Pre-test 42,33. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model Quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun pengujian hipotesis dengan Uji-t didapat thitung = 17,58 > ttabel = 1,996 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model Quantum learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 38 Palembang. Kata Kunci: Model Quantum Learning, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 04:35 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 04:35 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13690 |
Actions (login required)
View Item |