PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION,EVALUATION) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA NEGERI 2PALEMBANG

PUTRA, IGA UTAMA (2019) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION,EVALUATION) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA NEGERI 2PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evalutation) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan prosessains siswa pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA Negeri 2 Palembang. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Design dengan metode Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Sampel penelitian berjumlah 78 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis keterampilan proses sains siswa menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E lebih baik dari pada pembelajaran kovensional (model demosntrasi, ceramah dan diskusi). Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test nilai posttest kedua kelas tersebut memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,856 > 1,991, dan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian berdasarkan hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan indikator keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen mencapai 21,27%, sedangkan indikator keterampilan proses sains siswa kelas kontrol 7,00%, artinya keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Maka, demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa di SMA Negeri 2 Palembang. Kata Kunci: Teori Kontruktivisme; Model Pembelajaran Learning Cycle 5E; Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? C1 ??
?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:28
Last Modified: 30 Sep 2021 04:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item