MUHAMMAD, MUHAMMAD (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM KUIS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI AKIDAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA AL-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
COVER.docx Download (81kB) |
|
Text
BAB 1 MUHAMMAD.docx Download (71kB) |
|
Text
BAB II MUHAMMAD.docx Download (66kB) |
|
Text
BAB III MUHAMMAD.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB IV MUHAMMAD.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB V MUHAMMAD.docx Download (24kB) |
Abstract
Zaman sekarang ini model pembelajaran yang di pakai oleh guru lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan kejenuhan belajar yang mengakibatkan mereka kurang merespon pelajaran yang sedang berlangsung. Jadi dalam mengatasi kejenuhan dan kebosanan siswa dalam proses pembelajaran hendaknya guru dapat memilih metode atau model pembelajaran yang dapat merangsang siswa berpikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pokok permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran team kuis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi akidah di MA Al-Fatah Palembang. Dan bagaimana hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran team kuis. Apakah model pembelajaran team kuis terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di MA Al-Fatah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Team Kuis dan tanpa menggunakan model pembelajaran Team Kuis pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA Al-Fatah Palembang, dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Team Kuis terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA Al-Fatah Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua murid kelas X MA Al-Fatah Palembang yang berjumlah 86 orang siswa dengan sampel 56 orang siswa dari dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah observasi, dokumentasi dan tes. Rumus untuk analisis data memakai tes“t” atau dalam keadaan dua sampel yang kita teliti merupakan sampel kecil (N kurang dari 30), sedangkan kedua sampel yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dengan menggunakan model pembelajaran Team Kuis telah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam materi akidah, terlihat secara signifikan meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan penerapan tanpa menggunakan model pembelajaran Team Kuis . Hal ini terlihat dari hasil belajar dari mean (rata-rata) pada kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol sebesar 70 yang telah diperoleh dari nilai keseluruhan siswa, serta yang lebih besar dari pada baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% yakni : 2,01 < 4, 54 > 2, 6
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 06:41 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 06:41 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14385 |
Actions (login required)
View Item |