PENGARUH PENERAPAN METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PUISI DI KELAS II SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG

Purnama, Mesin Intan (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PUISI DI KELAS II SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN SKRIPSI MESIN.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP SKRIPSI MESIN.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh penerapan metode card sort terhadap hasil belajar bahasa indonesia materi membaca puisi di kelas II sekolah islam cendikia faiha palembang, berdasarkan hasil tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa penerapan metode card sort baik terdapat kendala pada penerapannya. adapun rumusan masalah ini pertama, bagaimana penerapan metode card sort terhadap hasil belajar bahasa indonesia materi membaca puisi di kelas II sekolah dasar islam cendikia faiha palembang? kedua bagaimana hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode card sort terhadap hasil belajar bahasa indonesia materi membaca puisi di kelas II sekolah dasar islam cendikia faiha palembang? ketiga apakah ada pengaruh positif penerapan metode card sort terhadap hasil belajar bahasa indonesia materi membaca puisi di kelas II sekolah dasar islam cendikia faiha palembang? tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, perbedaan serta pengaruh pada penerapan metode card sort dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan one group pre test–post test design. penelitian ini melibatkan kelas II SD Islam Cendikia Faiha Palembang yang terdiri atas 13 siswa. Hasil penelitian ini diambil dari data tes hasil belajar siswa, kelayakan di validasi dengan dosen ahli serta data analisis menggunakan Uji-t dengan SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (t-hitung : 2,281 > t-tabel 3.593 dengan tarif signifikansi ꭤ = 0,025. data hasil belajar siswa sebelum penerapan metode card sort 46,15 serta sesudah 70,77 mengalami peningkatan dari sebelumnya. untuk selisih dari pre-test dan post-test dapat ditentukan 24,615. Kata Kunci : Metode Card Sort, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort Hasil Belajar
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:02
Last Modified: 11 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

View Item View Item