ANALISIS KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ILIR BARAT SATU PALEMBANG

RISMAWAN, EDI (2019) ANALISIS KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ILIR BARAT SATU PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB III.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

“Analisis Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Ilir Barat Satu Palembang”. Pokok masalah tesis ini adalah bagaimana Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Ilir Barat Satu Palembang, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah, 1)Untuk mendeskrifsikan Pelaksanaan Kegiatan, 2)Mendeskripsikan efek kegiatan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru, 3)Mendeskripsikan bentuk kontribusi anggota, 4)Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan hambatan pelaksanaan Kegiatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sosiologis, dan keilmuan, Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta penelusuran referensi. Teknik analisis/pengolahan data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data. Temuan penelitian yaitu, Pertama, Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam 2 (dua) bentuk yakni pertemuan rutin yang dilaksanakan minimal satu bulan sekali dan pertemuan insidental yang dilaksanakan sesuai dengan jangka waktu yang direcanakan. Kedua Efek Kegiatan berdampak pada meningkatnya kompetensi pedagogik guru PAI SD dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas; guru dapat bekerja sama dalam penyusunan prota, prosem, analisis hari epektif, silabus, RPP, guru dapat memahami materi yang akan diajarkan kepada peserta didik; serta dapat mengetahui bakat dan minat peserta didik yang tersalurkan dalam MAPSI. Ketiga, bentuk kontribusi anggota organisasi dalam kegiatan, hampir seluruh kegiatan organisasi merupakan kontribusi anggota organisasi sendiri, yang terbagi atas tiga bagian yaitu kontribusi berupa materi, tenaga dan ide atau gagasan. Keempat Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan antara lain: (a) faktor pendidikan, (b) faktor usia, (c) faktor motivasi. Faktor hambatan pelaksanaan kegiatan, antara lain: (a) kurang antusias para gurunya, (b) tidak dapat izin dari sekolah untuk hadir dalam kegiatan, (c) faktor dana, (d) faktor penguasaan IT yang belum maksimal dan merata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: ?? Manajemen_Pendidikan_Islam(S2) ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:03
Last Modified: 21 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17838

Actions (login required)

View Item View Item