Azaria, Mia (2020) Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Ipad di SMPIT Harapan Mulya Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (832kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (505kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini terdapat pembelajaran berbasis IPAD di SMP IT Harapan Mulya Palembang. Yang beralamat di Jl. Dr. Wahidin, Talang Semut, Sukarami, Kota Palembang. Dimana sekolahan ini menggunakan media IPAD di semua proses pembelajaran yang berbeda dengan sekolah lainnya Penelitian ini memfokuskan pada pembelajaran bahasa arab di SMP IT Harapan Mulya Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menggunakan media Ipad. Dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan kualitatif studi fenomenologi dan metode deskriptif dengan menggambil latar belakang di SMP IT Harapan Mulya Palembang. Sumber data penelitian ini adalah ustad pengampu pembelajaran Bahasa Arab dan kepala sekolah di SMP IT Harapan Mulya Palembang. Metode penggumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting dan membuang yang tidak perlu. Kemudian menggunkan tekhnik penyajian data yaitu mengelompokan data sehingga memudahkan dalam memahami apa yang terjadi untuk dianalisis dan disimpulkan. Dan terakhir analisis verifikasi data yaitu menarik kesimpulan Hasil penelitian ini yaitu Perencanaan pembelajaran bahasa arab dimulai dari guru diberikan waktu oleh sekolah diawal tahun untuk mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran meliputi Silabus, Prota, Prosem. Kemudian guru mengirim Perencanaan pembelajaran bahasa arab dirancang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan didalam nya terdapat langkah pembelajaran yang mengacu pada K57 dan ktsp. Serta menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari siswa, setelah semuanya siap kemudian guru mencetak seluruh perangkat pembelajaran untuk di evaluasi oleh kepala sekolah. Selanjutnya untuk proses pelaksanaan pembelajaran di sekolahan ini memiliki kolaborasi antara model pembelajaran menggunakan ipad, Adapun yang berbeda SMP IT Harapan mulya ini menggunakan berbagai aplikasi bantu yang terdapat pada ipad siswa maupun guru, guna untuk memudahkan proses belajar maupun belajar yaitu (itunes-u, bamboo peper, kamus bahasa arab, google form, imovie). Adapun evaluasi pembelajaran yaitu dengan evaluasi tertulis maupun lisan. Evaluasi lisan dilakukan setiap selesai memberikan materi pembelajaran seperti siswa menyebutkan mufrodat yang telah diberi. Sedangkan evaluasi terrtulis dilaksanakan setiap minggu melalui pemberian tugas. Kata Kunci: belajar menggunakan media Ipad, Pembelajaran Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar menggunakan media Ipad Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88201 - Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:30 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:30 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18097 |
Actions (login required)
View Item |