PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LIKEE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS STEBIS INDO GLOBAL MANDIRI PALEMBANG

Saputra, Wisnu (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LIKEE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS STEBIS INDO GLOBAL MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Media sosialLikee merupaka platform/video pendek sesuai ekspresi dan cara pembuatan tersendiriserta memungkinkan para pengguna web berinteraksi dan berpartisipasi dalam pembuatan konten lalu berkomentar sesuai dengan keadaan mereka ataupun masyarakat umum. Mahasiswa memegang peranan yang sangat penting dalam kegitan belajar bagi Penggunaan media Sosial, mempengaruhi intensitas kegiatan belajar serta motivasi dipengaruhi oleh tujuan akan dicapai dengan belajar serta memberikan peranan penting sebagai informasi dan pengetahuan, menghibur, berekspresi dan memotivasi belajar dengan tutorial cepat dan mudah dipahami..Bagaimana penggunaan media sosial like, Tingkat motivasi belajar dan pengaruh penggunaan media sosial Likee terhadap mahasiswa ekonomi syariah UIGM Palembang.Faktor yang mempengaruhi motivasi ada dua yaitu Eksternal dan Internal.Saat ini teknologi yang semakin modern sudah banyak sekali aplikasi yang diluncurkan terutama media sosial. Dalam Metodologi Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan Populasi 52 orang mahasiswa melalui pengumpulan data observasi dan angket yang dianalisis dengan cara menggunakan perhitungan SPSS versi 26.Untuk itu peneliti tertarik menelusuri seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial Likee terhadap motivasi Belajar Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Stebis Indo Global Mandiri Palembang. Dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media sosial Likee terhadap Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Stebis IGM. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teori Stimulus-Organisme-Response (S-O-R),Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 52 responden menggunakan rumus arikunto. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakankuesioner, observasi dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakansoftware SPSS versi 26.Hasil penelitian analisis regresi linier sederhanadiperoleh nilai t hitung 9,328≥ 2,008(lihat hasil pada t tabel 0,025, n = 50) maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, Berdasarkan perhitungan dengan nilai R square sebesar 0,635 yang artinya bahwa penggunaan media sosial Likee memilki pengaruh sebesar 79,7% terhadap mahasiswa Sedangkan, sisanya 20,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai korelasi antara variabel menonton sebesar 0,797 yang masuk pada rentang 0,60-0,799 yang berada pada kategori hubungan yangkuat. Kata kunci: Media Sosial, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:19
Last Modified: 02 Nov 2021 03:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18222

Actions (login required)

View Item View Item