KRITIK SOSIAL CERPEN “MEMBIMBING ANAK BUTA” DALAM BUKU SEPASANG SEPATU TUA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO (ANALISIS HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR)

Faddila, Dita (2021) KRITIK SOSIAL CERPEN “MEMBIMBING ANAK BUTA” DALAM BUKU SEPASANG SEPATU TUA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO (ANALISIS HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dita Faddila-1730701110.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
2.pdf

Download (321kB)
[img] Text
3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4.pdf

Download (368kB)
[img] Text
5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
dpustaka.pdf

Download (417kB)

Abstract

Karya Sastra menjadi sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan realita, keluh kesah dan juga kritik terhadap berbagai polemik dalam dunia ekonomi, politik, pendidikan, maupun tatanan kehidupan. Penggambaran terhadap kesenjangan, ketidakadilan dan berbagai persoalan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menemukan muatan kritik sosial pada cerpen Membimbing Anak Buta dalam Buku Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono. Tujuannya untuk mencapai pembauran antara dunia teks dan dunia pembaca. Penelitian ini menggunakan teori kajian hermeneutika Paul Ricoeur. Hermeneutika Paul Ricoeur menggabungkan pemahaman dan penjelasan serta menghubungkan interpretasi antara wacana teks dan wacana penafsir. Hasil penelitian menunjukkan terdapat muatan kritik sosial. Kritik terhadap kualitas kependudukan yang rendah dari segi ekonomi maupun pendidikan pada masyarakat perkotaan yang menyebabkan adanya kesenjangan sosial. Kritik terhadap pencemaran dan eksploitasi lingkungan yang berakar dari kepadatan penduduk.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:04
Last Modified: 11 Jan 2022 06:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18345

Actions (login required)

View Item View Item