PENGARUH PENGGUNAAN METODE POHON LITERASI TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS 7 PEMBELAJARAN FIQIH MTS AL-ISHLAH TULUNG SELAPAN OGAN KOMERING ILIR

ARTISA, ARTISA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE POHON LITERASI TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS 7 PEMBELAJARAN FIQIH MTS AL-ISHLAH TULUNG SELAPAN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dpustaka.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Faktor utama yang melatar belakangi penelitian ini adalah ketika dalam proses pembelajaran, banyak siswa yang kurang mampu dalam mengerjakan soalsoal/masalah yang bertujuan untuk mengejadi dapat meningkatnya pembelajaran fiqih saat menggunakan metode pohon literasi. Dan bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran agar siswa menjadi kreatif.. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi adalah guru kurang memberikan soal yang berguna mengembangkan kemampuan kreativitas siswa. Siswa hanya biasa dengan soal-soal yang sederhana saja. Kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah sangat minim sekali. Dalam belajar fiqih siswa dituntut untuk mampu menyelesaikan soal dengan berbagai cara dan jawaban menunjukkan tingkat kemampuan kreativitas siswa. Dalam penelitian ini, metode pohon literasi diduga mempengaruhi kemampuan meningkatannya kreativitas siswa karena siswa dituntut untuk mampu mencocokkan antara soal dan jawaban secara tepat. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan metode pohon literasi terhadap kreativitas siswa dalam meningkatkan pembelajaran fiqih. Untuk melihat kemampuan kreativitas siswa dipergunakan analisa deskriptif kemudian untuk melihat perbedaan antara teknik pembelajaran pohon literasi dipergunakan uji-t. Populasi penelitian ini berjumlah 120 orang siswa kemudian yang menjadi sampel adalah kelas 7A berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan metode pohon litasi kemudian kelas 7C berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol dan diajarkan dengan metode ceramah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan desain eksperimen non randomized control group pretest posttest design. Dari hasil tes kemampuan kreativitas Siswa diperoleh nilai rata-rata dapat dilat data diatas terlihat bahwa thit tidak berada diantara ttab dan –ttab yaitu 2,00 < 2,62>2,00 yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode literasi pohon terhadap kreativitas siswa kelas7 MTs Al-Ishlah Tulung Selapan. Kata Kunci : Metode, Pohon Literasi, Kreativitas Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:58
Last Modified: 29 Dec 2021 03:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18869

Actions (login required)

View Item View Item