PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KALANGAN PELAJAR (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 PULAU RIMAU)

Aji, Yuda Tri (2022) PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KALANGAN PELAJAR (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 PULAU RIMAU). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan WhatsApp group sebagai media informasi dan komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, fakktor pendukung dan penghambat pemanfaatan WhatsApp group sebagai media informasi dan komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta dampak positif dan negatif pemanfaatan WhatsApp group sebagai media informasi dan komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pemanfaatan WhatsApp group sebagai media informasi dan komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp sebagai media informasi dan komunikasi pembelajaran; 2)faktor pendukung pemanfaatan WhatsApp group sebagai media informasi dan komunikasi pembelajaran adalah Smartphone, kuata internet dan aplikasi WhatsApp. Sedangkan faktor penghambatnya adalah gangguan sinyal, memori Smrtphone yang mudah penuh, sulit memahi materi dan kurangnya interaksi secara langsung; 3) dampak positif dalam pemanfaatan WhatsApp group sebagai media informasi dan komunikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mempermudah komunikasi dan penyebaran informasi serta mempermudah kegiatan belajar secara online. Sedangkan dampak negatifnya adalah jarang berinteraksi secara langsung, bersifat candu, dan masih banyak peserta didik yang suka membagikan yang buan termaksut pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 11 Mar 2022 08:15
Last Modified: 11 Mar 2022 08:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19690

Actions (login required)

View Item View Item