ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA FOTO INDONESIAN CORONAVIRUS VICTIM DI LAMAN INSTAGRAM JOSHIRWANDI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

ANAYANA, ANAYANA (2022) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA FOTO INDONESIAN CORONAVIRUS VICTIM DI LAMAN INSTAGRAM JOSHIRWANDI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
c1ab2632ef600a70bf98cde8ac6996ee.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Foto Indonesian Coronavirus Victim di Laman Instagram @Joshirwandi sebagai Media Komunikasi Visual” . Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini yaitu, Bagaimana makna denotasi, konotasi dan mitos pada foto Indonesian Coronavirus victim sebagai Media Komunikasi di Laman Instagram Joshirwandi. Tujuan penlitian ini yaitu untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos pada foto Indonesian Coronavirus Victim di Laman Instagram Joshirwandi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara dengan mengajukan pertanyaan kepada Fotografer dari foto Indonesian Coronavirus Victim, serta dokumentasi untuk menelusuri historis dan data penting mengenai penelitian yang peneliti lakukan. Jumlah foto yang dianalisis dalam penelitian ini hanya satu yang diunggah oleh Joshua Irwandi sebagai fotografer foto tersebut di laman Instagram miliknya pada tanggal 15 Juli 2020 yang dianalisis menggunakan metode Semiotika menurut Roland Barthes memaparkan 3 tahapan untuk memaknai sebuah foto yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa virus corona yang tak kasat mata ini bukan hanya mitos belaka namun fakta karena telah menimbulkan banyak korban salah satu buktinya adalah adanya foto sesosok jenazah yang terbungkus plastik karya Joshua Irwandi yang dipercaya oleh masyarakat bahwa jenazah ini merupakan korban dari Virus Corona tersebut dan foto ini juga mengajak masyarakat untuk sadar akan penyakit ini memang nyata dan berbahaya sehingga masyarakat diharapkan dapat menjaga kesehatan agar pandemi ini segera usai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Foto, Coronavirus, Instagram
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:04
Last Modified: 31 Mar 2022 03:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20003

Actions (login required)

View Item View Item