Pranata, Robi (2022) Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Blended Learning di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
5.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
KOVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Palembang menggunakan suatu Metode Blended Learning yakni campuran antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online/daring. Metode ini diterapkan guna mengurangi suatu mobilitas pembelajaran tatap muka di dalam kelas. khususnya pada saat pandemi saat ini yang mana pembelajaran tatap muka yang dilakukan seperti biasanya tidak bisa untuk dilakukan. karena dapat melanggar peraturan protokol kesehatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif yakni penelitian yang dilakukan secara langsung ke lapangan untuk mencari dan menggali data secara rinci terhadap fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Dan untuk menguji keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa arab menggunakan metode Blended Learning di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: (1) Perencanaan, guru mempersiapkan atau merancang perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti RPP, silabus, prota prosem, dan tujuan pembelajaran. Dan juga mempersiapkan sebuah media yang akan digunakan pada saat proses pembelajaran yaitu laptop dan HP, dengan menggunakan Aplikasi Google Meet dan Google Class Room, serta Wifi. (2) Pelaksanaan, pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan 1 x 2 jam pelajaran setiap satu pertemuan. Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Blended Learning guru menggunakan media teknologi yakni berupa Laptop dan HP dengan menggunakan Aplikasi Google Class Room untuk pembelajaran daring. Sedangkan pembelajaran tatap muka guru langsung mengajar didalam kelas. Adapun materi yang diajarkan oleh guru yakni Qiroaah, Nahwu Shorof, dan Mufrodat. Dengan menggunakan buku cetak yang berjudul “العربية اللغة تعليم.“ (3) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Palembang menggunakan evaluasi secara bertahap yakni penilaian pada saat proses pembelajaran, penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian semester. Evaluasi ini di lalukan guna untuk mengetahui hasil pencapaian peserta didik pada saat mengikuti pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Bahasa Arab, Metode Blanded Learning |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN #3 |
Date Deposited: | 24 May 2022 08:37 |
Last Modified: | 24 May 2022 08:37 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20448 |
Actions (login required)
View Item |