Penti Anggriani, Penti (2022) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA. HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA.
|
Text
2_BAB_I.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
3_BAB_II.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB_III.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
6_BAB_V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB_IV.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
8_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
1_HALAMAN JUDUL.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Learning outcomes are the efforts obtained by students in the act of changing good behavior in knowledge, understanding, so that it becomes better than before. Learning outcomes are influenced by several external and internal factors ranging from inadequate learning media in schools, the influence of friends and the quality of teachers in teaching are also other factors. This study aims to determine the relationship between interest in learning and learning outcomes in Biology in SMA/MA with a sample of 70 students. With a correlational quantitative research method, using a learning interest questionnaire and mid-semester test scores for the 2020/2021 school year as learning outcomes. The data analysis technique used is the product moment correlation coefficient. The results showed that there was no relationship between interest in learning and learning outcomes with a correlation value of 0.1029 < 0.2352. Keywords : interest learning, learning outcomes ABSTRAK Hasil belajar merupakan usaha yang diperoleh peserta didik dalam tindakan perubahan tingkah laku baik secara pengetahuan , pemahaman, sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hasil belajar yang dipemgaruhi oleh beberapa faktor eksternal maupun internal mulai dari media pembelajaran yang kurang memadai disekolah tersebut, pengaruh teman bergaul dan kualitas guru dalam mengajar juga menjadi faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar Biologi di SMA/MA dengan jumlah sampel 70 peserta didik. Dengan metode penelitian kuantitatif korelasional, menggunakan angket dalam minat belajar dan nilai ujian tengah semester tahun ajaran 2020/2021 sebagai hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah koefisen korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa tidak ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar dengan nilai korelasi 0,1029 < 0,2352. Kata kunci : Minat belajar, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PENTI ANGGRIANI |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 01:16 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 01:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23028 |
Actions (login required)
View Item |