PANDANGAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PEMBERIAN INSENTIF KINERJA MITRA DRIVER (Studi Kasus Pada Komunitas ELBP Gojek di Kota Palembang)

Hamzah, Muhammad (2022) PANDANGAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PEMBERIAN INSENTIF KINERJA MITRA DRIVER (Studi Kasus Pada Komunitas ELBP Gojek di Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Universitas UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
1_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
7_LAMPIRAN.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PANDANGAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PEMBERIAN INSENTIF KINERJA MITRA DRIVER (Studi Kasus Pada Komunitas ELBP Gojek di Kota Palembang) Muhammad Hamzah 1820602128 Perkembangan zaman saat ini membuat teknologi semakin canggih sehingga memudahkan aktivitas kehidupan manusia, salah satu contoh adalah dibidang transportasi yaitu adanya transportasi online. Saat ini transportasi online sudah ada seperti PT.Karya Anak Bangsa atau Gojek. Gojek merupakan transportasi online yang sudah berkembang pesat saat ini sehingga mempunyai kantor yang tersebar di banyak wilayah Indonesia dan mempunyai mitra driver sebagai penggerak dilapanggan sebagai pekerja dengan imbalan kompensasi serta mencakup pemberian insentif sebagai motivasi kerja yang diberikan oleh pihak gojek. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tentang Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Pemberian Insentif Kinerja Mitra Driver yang mengambil studi kasus penelitian pada komunitas Elang Lang Buana Plaju di Kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa informan yang telah diwawancarai mengatakan kurang setuju penerapan sistem gojek saat ini yaitu insentif pendapatan minimum harian yang menggunakan skema level Basic, Silver, Gold dan Platinumd dengan melihat penilaian kinerja dari driver gojek seperti pendapatan poin, performa, rating dan jumlah uanggojek karena informan menyampaikan merasa kurang adil dan dirugikan. Adapun dalam Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Pemberian Insentif Kinerja Mitra Driver belum sesuai dengan prinsip islam karena ada beberapa hal yang belum terpenuhi yaitu proporsional dan adanya kurang adil serta adanya yang merasa dirugikan dalam penerapan sistem insentif pendapatan minimum harian tersebut. Kata Kunci: Transportasi Online, Kompensasi, Insentif, Kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: MUHAMMAD HAMZAH
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:46
Last Modified: 14 Oct 2022 06:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item View Item