Pengaruh E-learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ditinjau Dari Perspektif Gender

Maharani, Alisa (2022) Pengaruh E-learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ditinjau Dari Perspektif Gender. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ALISA MAHARANI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI ALISA MAHARANI.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS SKRIPSI ALISA MAHARANI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSIBAB 1-5 ALISA MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh E-learning berbasis edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari perspektif gender Media pembelajaran berbasis edmodo salah satu pembelajaran berbasis learning yang dapat meningkatkan proses belajar mengajar menjadi aktif dan inovatif. Literasi sains adalah suatu kapasitas yang menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan yang ada dan menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan dan dapat membuat keputusan dalam memecahkan suatu masalah. Dan penelitian ini bertujuan untuk menguji e-learning berbasis edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari perspektif gender. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri Purwodadi dengan jumlah populasi sebanyak 110 peserta didik dan sampel sebanyak 54 peserta didik. instrumen penilaian yang digunakan menggunakan yaitu postest dan angket. Hasil penelitian ini dengan analisis data berdasarkan rata-rata nilai literasi sains pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kemampuan literasi sains peserta didik perempuan itu lebih tinggi dari dapada peserta didik laki-laki. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 70.00, sedangkan kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata sebesar 65.04. Uji hipotesis posttest dinyatakan bahwa didapatkan dengan taraf sig.  = 0.05. Maka diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa Terdapat pengaruh e-learning berbasis edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari perspektif gender. Kata Kunci: E-learning Berbasis Edmodo, Literasi Sains, Perspektif Gender

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: E-learning Berbasis Edmodo, Literasi Sains, Perspektif Gender
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ALISA MAHARANI 1830207064
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:13
Last Modified: 05 Jan 2023 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24447

Actions (login required)

View Item View Item