Afriani, Nadya (2023) Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai Religi Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP/MTS. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text
BAB I (SKRIPSI).pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II (SKRIPSI).pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III (SKRIPSI).pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV (SKRIPSI).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB V (SKRIPSI).pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
Modul elektronik (e-modul) merupakan salah satu media pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan minat dan perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development yaitu suatu penelitian yang mengembangkan suatu produk dan menguji kevalidan dan kepraktisannya dalam mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, dimana pada model ADDIE yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tahap analisis (analysis), perancangan (design), dan pengembangan (development) berupa uji coba one to one dan small group. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada responden. Hasil dari pengembangan media pembelajaran biologi berbasis modul elektronik (e-modul) divalidasi oleh para ahli diantaranya ahli media dengan hasil 98% (sangat valid), ahli materi 92% (sangat valid), ahli bahasa 80% (valid), ahli tafsir 77% (valid) dan ahli nilai religi 98% (sangat valid) dengan hasil rata-rata validasi 89% “sangat valid” dan layak digunakan. Hasil uji coba praktikalitas e-modul memperoleh nilai pendidik yaitu 97% (sangat praktis), one to one evaluation 89% (sangat praktis), dan small group evaluation 88% (sangat praktis) dengan hasil rata-rata 91% yang dikategorikan sangat praktis untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Kata Kunci : E-Modul, ADDIE, Nilai Religi, Sistem Pencernaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | NADYA AFRIANI 1910207001 |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 08:08 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 08:08 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28019 |
Actions (login required)
View Item |