Handayani, Latifah (2023) تطوير كتاب العربية بالنماذج في تعليم القراءة على أساس التعليم السياقي في معهد الإتفاقية إندارالايا. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Slideshow
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
||
Slideshow
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Slideshow
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
||
Slideshow
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Slideshow
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh materi maharah Qira'ah yang ada dalam pembelajaran saat ini belum disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yakni mampu membaca bahasa Arab dengan baik dan benar, karena dalam pelaksanaanya materi maharah Qira'ah yang digunakan diambil dari berbagai buku dan sumber belum sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Kitab Al-Arabiyyah bin-Namazij dalam Maharah Qira'ah dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kitab Al-Arabiyyah bin-Namazij dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk pembelajaran maharah Qira'ah di Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan test. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan media, uji normalitas, uji homogenitas, uji t paired test dan uji N-Gain Score. Hasil pengembangan buku ajar ini berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik dengan hasil rata-rata persentase 77,07%. Selain itu, memenuhi kriteria valid dengan hasil ahli uji materi mencapai tingkat kevalidan 92,5% dan hasil ahli uji media mencapai tingkat kevalidan 95%. Sedangkan penerapan didalam kelas, hasil pre test peserta didik mendapat nilai rata-rata 67,4% dan post test dengan nilai rata-rata 88,79%. Berdasarkan analisis menggunakan uji T (Independent) nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh yang nyata antara hasil belajar bahasa Arab pada data pre test dan post test. Oleh karena itu keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat keefektivan pada penggunaan Kitab Al-Arabiyyah bin-Namazij dalam Pembelajaran Qira'ah dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning di Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya. Kata Kunci: Pengembangan Kitab Al-Arabiyyah bin-Namazij, Contextual Teaching and Learning, Maharah Qira'ah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kitab Al-Arabiyyah bin-Namazij, Contextual Teaching and Learning, Maharah Qira'ah |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | LATIFAH HANDAYANI 1920204053 |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:35 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28612 |
Actions (login required)
View Item |