KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA AYAT AL-QUR’AN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS AYAT AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG

Asep, Gunawan (2023) KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA AYAT AL-QUR’AN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS AYAT AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana serta keterkaitan antara kemampuan membaca ayat Al-Qur’an dan keterampilan menulis ayat Al-Qur’an peserta didik di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang. Dengan mengetahui hubungan antar keduanya untuk dapat menjawab rumusan dari permasalahan yang ada dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuatitatif korelasi, penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan menbaca ayat Al-Qur’an dan keterampilan menulis ayat Al-Qur’an peserta didik serta keterkaitan antar keduanya dan peserta didik SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang adalah sebagai objek pada penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif korelasi dengan uji terukur korelasi product moment (person) dalam mencari keterkaitan antar dua faktor yang saling berhubungan di penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, di sekolah, kemampuan membaca ayat Al-Qur’an peserta didik di golongan rendah dengan persentase 64 % dengan nilai 65-82 30 peserta didik, lalu 32% untuk kategori sedang, dan 4% di pada kategori tinggi. Kedua, untuk keterampilan menulis kategori peserta didik tergolong tinggi persentase 83% dengan nilai 83-95, 15% untuk kategori sedang dan 2% kategori rendah. Ketiga dari data pada tabel ditribusi r hitung taraf signifikansi 5% = 0,2876 dan 1% = 0,2429 diperoleh r hitung 0,321. Karena r_hitung lebih besar dari r_tabel maka terdapat hubungan yang sangat signifikan antar variabel. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga berlaku hipotesis yang berbunyi yaitu ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca ayat Al-Qur’an dengan keterampilan membaca ayat Al-Qur’an peserta didik di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca ayat Al-Qur’an, Keterampilan menulis Ayat Al-Qur’an.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: ASEP GUNAWAN 1920202090
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:07
Last Modified: 11 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28802

Actions (login required)

View Item View Item