TEDI, M (2023) NILAI KEMASLAHATAN DALAM PENERAPAN KARTU ANTRIAN PRIORITAS PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI PENGADILAN AGAMA KELAS 1A PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
cover terbaru tedi.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK tedi.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) | Preview |
Abstract
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) adalah layanan pengelolaan hukum yang beroperasi dengan integritas dalam proses yang terintegrasi, mulai dari permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan penggantian biaya perkara hingga pengiriman/penagihan. Secara umum pelayanan dapat diartikan dengan melakukan kegiatan atau perbuatan yang hasilnya ditujukan untuk kepentingan orang lain, baik perorangan, kelompok atau masyarakat. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini. (1). Bagaimana penerapan kartu antrian prioritas pada pelayanan terpadu satu pintu dipengadilan agama Palembang kelas 1A? (2). Bagaimana nilai kemaslahatan penerapan kartu antrian prioritas pada pelayanan terpadu satu pintu dipengadilan agama Palembang kelas 1A? Penenlitian ini dilakukan dengan jenis penelitian lapangan (fieldresearch), jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, sekunder, dan tersier, yang di peroleh dari wawancara, dokumentasi, karya ilmiah, buku-buku, kamus, dan referensi lain yang mendukung penelitian ini. Berdasarkan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini (1). penerapan kartu antrian prioritas pada pelayanan terpadu satu pintu dipengadilan agama Palembang kelas 1A merupakan upaya untuk berubah pola pelayanan publik yang mengarah terhadap hal positif menyesuaikan mekanisme yang bersifat panjang dan tidak sesuai dengan kemampuan dapat diubah dan dievaluasi menjadi pola pelayanan publik yang cepat, mudah dan murah.Namun, kini Pengadilan Agama menghadirkan satu jenis kartu lagi, yaitu Kartu Prioritas yang bewarna Biru Muda yang dipergunakan khusus Para Pihak yang berkebutuhan khusus, yaitu kelompok disabilitas, lanjut usia, ibu hamil dan menyusui.(2) nilai kemaslahatan penerapan kartu antrian prioritas pada pelayanan terpadu satu pintu dipengadilan agama Palembang kelas 1A secara kemaslahatan Penerapan pelayanan kartu antrian prioritas digolongkan sebagai maslahah al-ammah karena merupakan kemaslahatan umum yang menyangkut kepentingan orang banyak terkhusunya penyandang disabilitas, lansia,ibu hamil, dan ibu menyusui. Sedangkan dari segi tingkatannya termasuk dalam maslahah daruriyah. Dengan adanya pelayanan ini dapat menjadi pola pelayanan publik yang cepat, mudah,kondusif dan murah. Kata kunci: Kemaslahatan, Kartu Antrian Prioritas, Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemaslahatan, Kartu Antrian Prioritas, Pelayanan Terpadu Satu Pintu |
Subjects: | Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) |
Depositing User: | M. TEDI 1910101009 |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 02:38 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 02:38 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32050 |
Actions (login required)
View Item |