ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK PADA OLAHAN NANAS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA IKM BAROKAH KOTA PRABUMULIH)

Alfaridzi, Alif Akbar (2023) ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK PADA OLAHAN NANAS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA IKM BAROKAH KOTA PRABUMULIH). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

IKM Barokah merupakan usaha yang bergerak dibidang makanan, yang menciptakan beragam produk olahan nanas yang berupa produk makanan. IKM Barokah berdiri pada 21 September 2014 sudah 9 tahun sampai sekarang, dan memiliki tujuan untuk Menghasilkan produk yang berkualitas sehingga menjadi perusahaan andalan daerah dalam rangka peningkatan industrialisasi di wilayah Kota Prabumulih. Mereka juga melakukan pengembangan produk untuk meningkatkan penjualan, dan selalu berusaha memberikan desain dan kemasan yang unik berbeda, yang sesuai dengan keinginan dari konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Pengembangan Produk di IKM Barokah Dalam Meningkatkan Penjualan? 2) Bagaimana Pengembangan Produk di IKM Barokah Menurut Perspektif Ekonomi Islam? Penelitian ini dilakukan di IKM Barokah, Jl Baru, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder yaitu dokumen dan wawancara dengan ketua dan anggota IKM Barokah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpulkan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pengembangan produk pada IKM Barokah dilakukan dengan cara menciptakan inovasi baru terhadap kemasan produk, mengembangkan ide, serta menjaga dan meningkatkan kualitas produk. Strategi yang digunakan oleh IKM Barokah dalam melakukan pengembangan produk yaitu strategi peningkatan kualitas, strategi peningkatan gaya, dan strategi peningkatan keistimewaan. 2) Pengembangan produk pada IKM Barokah ditinjau dari perspektif ekonomi Islam sangat sesuai dengan prinsip syariat Islam. Produk yang dihasilkan memiliki kualitas atau mutu yang sangat baik, dan produk yang dijual oleh IKM Barokah tidak menggunakan bahan baku yang tidak membahayakan bagi masyarakat. Produk tersebut juga halal untuk dikonsumsi karena setiap produk dari IKM Barokah sudah berlabel halal, serta produk yang diperjual belikan tersebut tidak gharar (jelas) dan tidak merugikan konsumen. Sebagaimana yang diperintahkan dalam islam mengenai jual beli oleh IKM Barokah sudah terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Produk, Strategi, olahan nanas
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ALIF AKBAR ALFARIDZI 1920602123
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:35
Last Modified: 05 Jan 2024 03:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33880

Actions (login required)

View Item View Item