Ramadhan, Rizky (2024) ANALISIS STRATEGI DIGITAL FUNDRAISING TERHADAP OPTIMALISASI PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI (STUDI KASUS PADA BAZNAS PROVINSI SUMATERA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Pengaruh strategi fundraising sangat besar dalam eksistensi sebuah lembaga pengelolaan zakat. Melalui kegiatan fundraising, maka lembaga ZIS akan menerima dana dari muzakki. Pertumbuhan dan perkembangan teknologi dan media digital, telah mengubah mekanisme fundraising lembaga nirlaba, kegiatan penghimpunan dana dengan memanfaatkan media-media digital tersebut dikenal dengan istilah digital fundraising. Penerapan digital fundraising di BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan saat ini ditemukan banyak kekurangan, seperti penghimpunan secara offline masih mendapatkan jumlah yang sangat tinggi sedangkan digital fundraising mendapatkan jumlah yang masih cukup rendah padahal pada saat ini digital fundraising menjadi sebuah peluang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Digital Fundraising terhadap Optimalisasi Penghimpunan Dana Zakat, Infak dan Sedekah dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki, untuk mengetahui tinjauan manajemen fundraising terhadap strategi digital fundraising dan apa saja kendala yang dihadapi oleh BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan dalam melaksanakan kegiatan digital fundraising. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatannya menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan telah menerapkan digital fundraising untuk memudahkan para muzakki membayarkan dana ZIS yaitu menggunakan metode organic fundraising (tanpa menggunakan biaya untuk beriklan) yang terdiri dari tiga kegiatan mulai dari Search Engine Optimization, social media marketing dan promosi broadcast melalui whatsapp. Selain itu adanya penggunaan beberapa kanal dan platform seperti website dari BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan yaitu Kantor Digital (sumsel.baznas.go.id), crowdfunding dan transfer bank (ATM, Mobile Banking dan QRIS). Dalam tinjauan manajemen fundraising, strategi digital fundraising yang dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan sudah sesuai. Namun belum sempurna, karena pengorganisasian yang dilakukan belum adanya bagian yang mengkhususkan pada digital fundraising. Serta terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan dalam melaksanakan digital fundraising yaitu pemahaman amil yang belum memadai, belum adanya divisi digitalisasi, teknologi yang digunakan, juga keistiqomahan dalam mengupdate informasi di media digital serta muzakki yang sudah terbiasa dengan melakukan zakat secara langsung bukan melalui digital. Kata Kunci : Strategi, Digital Fundraising, Manajemen Fundraising, ZIS, Muzakki
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Digital Fundraising, Manajemen Fundraising, ZIS, Muzakki |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf |
Depositing User: | Rizky Ramadhan - |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:09 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:09 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34158 |
Actions (login required)
View Item |