Tahir, Muhammad Aprizal (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL INSAN MULIA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
kover new zal.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK zal.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
||
Text
bab 1 repositori.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text
bab 2 repositori.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text
bab 3 repositori.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
||
Text
bab 4 repositori.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
||
Text
bab 5 repositori.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pada periode 2018-2021 BMT Insan Mulia Palembang mengalami peningkatan loyalitas nasabah secara signifikan meskipun masa pandemi covid-19 tidak terjadi penurunan melainkan meningkat tetapi persentasenya tidak tinggi. Penyebab nasabah tetap loyal karena hubungan baik antara karyawan dan nasabah dan pelayanan prima serta kualitas produk yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan BMT Insan Mulia Palembang dalam meningkatkan loyalitas nasabah serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pemasaran BMT Insan Mulia Palembang untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitan ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini juga menggunakan metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Insan Mulia Palembang telah menerapkan strategi pemasaran dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Adapun strategi pemasaran yang diterapkan tersebut menggunakan strategi pemasaran (marketing mix) 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Hasil yang dicapai dari penerapan strategi pemasaran adalah jumlah anggota loyalitas telah mengalami peningkatan pada tiap tahunnya karena pihak BMT Insan Mulia selalu mengutamakan kebutuhan dan keinginan anggotanya dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan membangun relasi yang positif dengan nasabah. Kemudian faktor pendukung strategi pemasaran BMT Insan Mulia untuk meningkatkan loyalitas nasabah adalah kualitas produk yang dimiliki BMT Insan Mulia telah memenuhi kebutuhan nasabah, harga yang terjangkau serta memberikan rasa aman dan nyaman dalam pelayanan. Adapun penghambatnya adalah belum optimal kegiatan pemasaran produk kepada masyarakat serta sudah semakin banyak pesaing yang berkompetisi mencari dan mempertahankan nasabah masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Strategi pemasaran, loyalitas, baitul maal wa tamwil |
Subjects: | Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah |
Depositing User: | MUHAMMAD APRIZAL TAHIR 1730504099 |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 03:29 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 03:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34782 |
Actions (login required)
View Item |