PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 12 LAHAT

Novriyanti, Nova (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 12 LAHAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Nova.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi Nova.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 Skripsi Nova.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 Skripsi Nova.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Skripsi Nova.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Skripsi Nova.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Skripsi Nova.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Nova.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri 12 Lahat kurang bervariasi, hal ini menyebabkan beberapa siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode permainan engklek terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri 12 Lahat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode True Eksperimental Design dengan desain penelitian posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 18 siswa. Penerapan metode permainan tradisional engklek terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika tergolong sangat baik. Untuk kelas eksperimen memeproleh rata-rata 58,75 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 53,67. Dengan demikian kategori motivasi belajar kelas eksperimen yang menerapkan metode permainan tradisional engklek lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang tidak menerapkan metode permainan tradisional engklek. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai signifikan yaitu 0,002 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode permainan tradisional engklek terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Metode Permainan Tradisional Engklek, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Permainan Tradisional Engklek, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NOVA NOVRIYANTI 2020201081
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:16
Last Modified: 01 Feb 2024 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34813

Actions (login required)

View Item View Item