Pengembangan Bahan Ajar Sharaf Menggunakan E-Modul Berbasis AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) di SMP Muhammadiyah 1 Palembang تطوير المواد الدراسية الصرفية بطريقة وحدة تعليمية إلكترونية على ضوء نظرية السمعي و التفكيري و التكراري في المدرسة المتوسطة المحمدية الاولي بالمبانج

Zamora, Tsalisa Alven (2024) Pengembangan Bahan Ajar Sharaf Menggunakan E-Modul Berbasis AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) di SMP Muhammadiyah 1 Palembang تطوير المواد الدراسية الصرفية بطريقة وحدة تعليمية إلكترونية على ضوء نظرية السمعي و التفكيري و التكراري في المدرسة المتوسطة المحمدية الاولي بالمبانج. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Arab Tsalisa Alvenzamora_073733-1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Skripsi Arab Tsalisa Alvenzamora_075945-8-10.pdf

Download (787kB)
[img] Text
Skripsi Arab Tsalisa Alvenzamora_075945-17-26.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Arab Tsalisa Alvenzamora_075945-27-41.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Arab Tsalisa Alvenzamora_075945-42-50.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Arab Tsalisa Alvenzamora_075945-51-75.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Arab Tsalisa Alvenzamora_075945-76-78.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Arab Tsalisa Alvenzamora_075945-79-80.pdf

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap teks bacaan bahasa Arab yang mengalami perubahan bentuk kata dari bentuk kata asalnya atau yang lebih dikenal dengan tashrifan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan bahan ajar Sharaf menggunakan e-modul berbasis AIR (auditory, intellectually, repetition) dan untuk mengetahui keefektivitasan pembelajaran Sharaf menggunakan e-modul berbasis AIR (auditory, intellectually, repetition). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian dan pengembangan bahan ajar Sharaf menggunakan e-modul berbasis AIR (auditory, intellectually, repetition) ini menghasilkan produk yang layak digunakan karena berhasil meningatkan pemahaman peserta didik terkait materi Sharaf dasar. Hal ini juga didukung dengan hasil post-test peserta didik yang mengalami peningkatan dan dari validator materi yang mendapatkan skor rata-rata 88% dengan kriteria “sangat baik” dan hasil dari validator bahan ajar mendapatkan skor rata-rata 94% dengan kriteria “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Sharaf menggunakan e-modul berbasis AIR (auditory, intellectually, repetition) ini layak digunakan oleh peserta didik. Selain itu, bahan ajar Sharaf menggunakan e-modul berbasis AIR (auditory, intellectually, repetition) ini juga berhasil membantu peserta didik dalam memahami materi Sharaf dan mengingat tashrifannya. Berdasarkan hasil uji T paired test diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang mana dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh hasil belajar peserta didik pada data pre-test dan post-test. Hasil tersebut membuktikan bahwa produk yang dikembangkan peneliti efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terkait ilmu Sharaf dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Sharaf, E-Modul, Auditory Intellectually Repetition (AIR)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: TSALISA ALVEN ZAMORA 1910204003
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:12
Last Modified: 04 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38737

Actions (login required)

View Item View Item