PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM SONGKET KOTA PALEMBANG

YUSNITA, FITRI (2024) PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM SONGKET KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER_TESIS FITRI.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_TESIS FITRI FIX.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 _TESIS FITRI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB II_TESIS FITRI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_TESIS FITRI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_TESIS FITRI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_TESIS FITRI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TESIS FITRI.pdf - Accepted Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa apakah pemasaran digital, inovasi produk dan kualitas produk berpengruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja pemasaran umkm dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening Pada UMKM Songket Kota Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh pemasaran digital, inovasi produk dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran UMKM Songket Kota Palembang, kemudian untuk melihat apakah keunggulan bersaing dapat memediasi pemasaran digital, inovasi produk dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran. Teknik pengumpulan data primer berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan path analysis. Alat analisis menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai T-Statistic sebesar 3.578 > 1.96 dan P-Value sebesar 0.002 < 0.05. 2) inovasi produk digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran Dengan nilai T-Statistic sebesar 1.994 > 1.96 dan P-Value sebesar 0.004 < 0.05. 3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran Dengan nilai T-Statistic sebesar 2.371 > 1.96 dan P-Value sebesar 0.045 < 0.05. 4) pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai T-Statistic sebesar 1.990 > 1.96 dan P-Value sebesar 0.028 < 0.05. 5) inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai T-Statistic sebesar 2.763 > 1.96 dan P-Value sebesar 0.039 < 0.05. 6) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai T-Statistic sebesar 4.492 > 1,96 dan P-Value sebesar 0.000 < 0.05. 7) keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai T-Statistic sebesar 2.066 > 1.96 dan P-Value sebesar 0.019 < 0.05. 8) keunggulan bersaing mampu memediasi pemasaran digital terhadap kinerja pemasaran dengan nilai T-statistik 2.359 > 1.96 dan nilai p-value 0.047. 9) keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan nilai T-statistik 4.234 > 1.96 dan nilai p-value 0.001 <0.05. 10) keunggulan bersaing mampu memediasi kualitas produk terhadap kinerja pemasaran dengan nilai T-statistik 3.755> 1.96 dan nilai p-value 0.040 <0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi untuk meningkatkan keunggulan bersaing dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kinerja pemasaran secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, Inovasi Produk, Kualitas Produk, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Bersaing
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 74134 - Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: FITRI YUSNITA 2230605010
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:53
Last Modified: 10 Jul 2024 03:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38941

Actions (login required)

View Item View Item